Sabtu, 09 Mei 2015

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Smartphone

Udah tau hal yang perlu diperhatikan sebelum beli smartphone?  Atau kamu beli karena suka aja?
Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum beli smartphone.  Mulai dari bagian luar seperti layar, sampai dalemannya seperti operating system dan lain-lain.

Yap, tentunya kita nggak mau beli kucing dalam karung kan? Apalagi buat kamu yang punya kriteria tersendiri dalam memilih smartphone. Jangan sampai gara-gara salah pengertian, jadi salah beli!

So, apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum beli smartphone?




1. Layar 
 
Layar mah sama aja kan semua? Ya kan? Nope. Apalagi sekarang ini smartphone udah touchscreen semua, tentunya kita pengen ngeliat tampilan di layar kita sejernih dan seterang mungkin dong? Nah ini beberapa hal yang harus kita perhatiin dalam melihat spesifikasi layar..

1. Tipe Layar
2. Ukuran Layar
3. Resolusi Layar
4. PPI
5. Proteksi Layar

Tipe Layar
TFT / Thin-film-transistor
- TFT / Thin-film-transistor
- IPS / In - Plane Switching
- Amoled
Untuk gampangnya sih gini, TFT itu teknologi standar layar, udah dipake di laptop juga, IPS itu tipe standar layar smartphone modern yang udah terang warnanya, sedangkan AMOLED adalah tipe layar paling terbaru yang mampu menampilkan warna warna dengan kontras.

Jadi klo diurutin gini TFT < IPS < AMOLED


Ukuran Layar
Dalam satuan Inchi, 1 inchi = 2.54 CM
Smartphone sekarang ini bisa dibilang mempunyai tiga kategori ukuran layar, Yaitu :
Layar kecil 3.8" - 4"
Layar sedang 4.3" - 4.5" - 5"
Layar Besar 5.5" - 5.7" - 6"

Resolusi Layar
Besarnya tampilan yang akan ditampilkan di dalam layar. Ini salah satu faktor penting untuk mempercantik layar, karena gabungan ukuran layar dan resolusi layar ini akan menghasilkan kerapatan pixel yang membuat layar terlihat sangat jernih.

VGA - 640 x 480
Wide VGA / WVGA - 800 x 480
iPhone - 960 x 640
720p - 1280 x 720
iPhone 5 - 5s - 1136 x 640
1080p - 1920 x 1080

Semakin besar resolusi layarnya, semakin jernih gambar yang ditampilkan.

Kerapatan / Density / ppi - Pixel per inch
Naahh, kombinasi dari ukuran layar dan resolusi layar akan menghasilkan PPI, semakin tinggi PPI-nya, semakin jernih layarnya. Biasanya PPI yang bagus itu diatas 290.. dibawah 290 akan terlihat gambar yang kotak kotak atau seperti resolusi rendah.

Contoh..
Samsung Galaxy Grand 2
Ukuran Layar 5.25"
Resolusi Layar 720p - 1280 x 720 (~280ppi pixel density)

Samsung Galaxy S5
Ukuran Layar 5.1"
Resolusi Layar 1080p - 1980 x 1080 (~432ppi pixel density)

Sama sama berukuran 5" kan? Tapi ppi-nya berbeda, karena resolusi layarnya juga berbeda, Galaxy S5 resolusinya 1080p, sehingga menghasilkan pixel density sampe 432ppi, sudah bisa dipastiin klo layar S5 akan sangat jernih jadinya.

Proteksi layar
Biar nggak gampang kebaret kuku atau kerikil pasir halus dan semua benda yang bisa ngegores atau ngebaret layar smarphone. Biasanya layar smartphone udah dibekali sama anti gores canggih, jadi sebenernya nggak perlu lagi beli anti gores. Biasanya yang melindungi layar itu namanya Gorilla Glass , atau ada juga Rhino Glass . Keduanya sama aja fungsinya dan hampir tidak terlalu jauh beda bagusnya.






2. Memory
 
RAM - Random Access Memory / Memori Akses Acak. RAM ini bertujuan untuk menjalankan semua program dan data yang tersimpan di smartphone. Semakin besar RAM, semakin lancar program yang dijalankan. Namun besaran RAM juga berpengaruh sama OS smartphone.

Android membutuhkan RAM yang besar agar OS ini dapat berjalan dengan baik karena banyaknya data program yang harus diproses secara bersamaan. Sebaliknya iOS dan Windows Phone tidak memerlukan RAM yang tinggi untuk bisa menjalankan OS.

Smartphone modern sekarang ini biasanya memiliki RAM mulai dari 512MB hingga yang terbesar 4GB

Biasanya Android membutuhkan RAM sebesar minimal 1GB ke atas untuk bisa digunakan dengan lancar, sedangkan iOS 1GB dan Windows Phone hanya membutuhkan 512mb saja.

Jadi kalo nyari smartphone, coba cari yang RAM-nya paling nggak 1GB ya.

Internal dan Expandable Memory
Nah ini yang dibutuhkan untuk nyimpen file aplikasi, dokumen, foto, video, dan musik di Smartphone. Internal Memory itu yaa memori yang udah dibenamkan ke smartphone, jumlahnya bervariasi, mulai dari 4GB, 8GB, 16GB, hingga 32GB, bahkan ada juga yang sampai 64GB, jadi kamu bisa nyimpen data di langsung tanpa perlu memory card.

Tapi kalo kurang, disinilah gunanya Expandable Memory. Biasanya Expandable Memory ini dalam bentuk SD Card (Secure Digital Card).
Masih Kurang juga? masih ada cloud.





3. Teknis
Ini dia yang bikin Smartphone kita semua 'SMART', Komponen-komponen teknis yang terbenam di dalam smartphone!
CPU / Processor
Otaknya smartphone nih. Smartphone modern biasanya ditanam prosesor mulai dari Dual core, Quad Core hingga sekarang yang terbaru Octa Core. Intinya sih semakin banyak core yang terbenam di dalam suatu Smartphone, akan semakin canggih dan mumpuni juga performa smartphone!

Tapi ada banyak faktor lain yang menentukan canggih tidaknya suatu prosessor. Cara tergampang untuk deteksinya adalah, lihat kecepatan prosesornya.

Misalnya gini.
"Quad Core 1.2 GHz Qualcomm Snapdragon s4" vs "Dual Core 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 400"

Siapa yang menang? Quad Core? Nope, Dual Core. Liat angka 1.2 v 1.7. Itu dia penentunya..

Ibaratnya gini, 4 orang bawa tandu sanggup lari selama 12 detik lawan 2 orang bawa tandu sanggup lari 17 detik, siapa duluan yang nyampe? Yang dua orang kan? Cuma emang yang dua orang itu pasti agak kecapean aja ngangkat tandunya karena beban tandunya cuma dibagi ke dua orang aja..

Ngerti kan?
Selain itu, brand dari prosesor itu sendiri juga menentukan performa.





4. Baterai
Biasanya yang bikin boros baterai itu adalah penggunaan aplikasi yang terlalu banyak dan semua aplikasi itu terus berjalan meskipun udah di-'close', apalagi kalo aplikasi itu terkoneksi ke internet. 
Pokoknya biar irit, selalu singkirkan aplikasi lewat task manager. Dan cari smartphone dengan kapasitas baterai yang besar.





5. Kamera
Inilah fitur yang paling unggulan di setiap smartphone. Semua orang menilai smartphone ini atau itu bagus karena kameranya bagus. Lalu apa yang bikin suatu kamera Smartphone bagus? Megapikselnya? Nggak juga.
HTC One m8 hanya mempunyai kamera dengan 4 megapiksel aja, tapi hasilnya tetep bagus banget berkat teknologi Ultrapixels. Lumia 720, sebuah smartphone Windows Phone kelas menengah buatan Nokia, cuma mempunyai kamera dengan 6.7 megapiksel tapi hasilnya bisa diadu sama iPhone5 dan Galaxy s4..

Lalu apa yang menentukan bagus nggaknya suatu kamera? Well, selain megapikselnya, perhatiin juga sensor cahaya kameranya. Bukan flash ya, tapi sensor cahaya. Perhatiin juga besar pixelnya. Sensor cahaya yang makin besar ini yang membuat kamera dapat menyerap sebanyak mungkin cahaya agar gambar yang dihasilkan bisa tampak terang dan jernih.



oke sekian postingan dari gue gaeessss... selain faktor diatas, kita juga harus perhatikan hargannya pula ya gaaeesss.. kasian ortu kita klo hargannya terlalu mahal. :)










15 komentar:

  1. kalo gw sih lebih suka ke teknis aja biar nggak lemot gitu kalo nyari hp . coba gan bikin artikel tentang teknis hp yang rekomen dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo gk mau lemot sebaiknya jgn trlalu bnyk aplikasi gan., oke coming soon ya.. post tentang teknisnya. :)

      Hapus
  2. Noce info, kebetulan mau ganti smartphone.

    BalasHapus
  3. wah, bisa nambah" ilmu ini

    BalasHapus
  4. bagus nih gan artikel nya cocok buat saya yang rencana nya pengen beli smartphone kalo uang dah cukup,

    BalasHapus
  5. informasi yag menarik gang bisa nanbah ilmu saat beli smartphone

    BalasHapus
  6. bermanfaat nih, skrg sudah banyak penjual curang

    BalasHapus
  7. wih bagus banget nih gan jadi nambah wawasan, thanks yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks back gan.. tlah mengunjungi blog ini.

      Hapus
  8. thanks infonya gan,sangat bermanfaat

    BalasHapus

Cara komentar jika akun belum ada di option :
-Tulis komentar anda di kolom komentar
-copy komentar anda dulu
-pilih select profile. pilih google+ kalo pake gmail.
-Publikasikan
-setelah muncul akun anda di option klik publikasikan lagi
-selesai.